Diberdayakan oleh Blogger.
Foto saya
baca dan nikmati perjalanan kali ini.

Followers

Recent Posts

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

home

apa yang menarik dari sebuah kepulangan?

aku mencoba mencari jawabnya pada Hari Raya Lebaran -yang sangat identik dengan momentum kumpul keluarga- kali ini.

lantas aku mencoba merunut satu-satu.
mulai dari kepulanganku sendiri,
kepulangan Omku dari Bandung,
lalu,
kepulangan Ibuku ke keluarga besarnya ke Kabupaten Banjarnegara.

ha, kepulanganku!
selama ini -sejak aku duduk di bangku SMA- aku menghabiskan sebagian besar waktu di kota Purwokerto, menyewa sebuah kamar disana untuk beberapa bulan atau tahun.
dulu, jadwalku pulang kerumah selalu rutin. seminggu sekali. salah satu alasan yang paling masuk akal, adalah karena uang sakuku yang dijatah per minggu.

tapi sejak aku mulai tercatat sebagai mahasiswa, jadwal pulangku semakin tak teratur. sak karepe dewe', pokoknya mah. pengen pulang ya pulang, ndak pengen ya ngendon aja di kos.
dan semakin berlipat tahunku sebagai mahasiswa, ketidakteraturan jadwal pulangku semakin menjadi. dari sebulan dua kali, bisa sampai dua bulan sekali. tidak ada tendensi apa-apa. kalau aku tidak pulang, itu tandanya, ada yang belum aku selesaikan di Purwokerto dan tidak bisa aku tinggalkan.

biasanya, setiap Lebaran, aku selalu pulang minimal H-4. pada bulan Ramadhan, aku juga selalu menyempatkan untuk lebih sering pulang kerumah -berbuka dan sahur bersama keluarga-. sejak aku tinggal di Purwokerto, sejak 7 tahun yang lalu, jadwal pulangku selalu begitu. kali ini, aku berencana untuk pulang setelah shalat Ied. aku ingin merealisasikan impianku yang tidak pernah kesampaian sejak bertahun lalu: menikmati 10 hari terakhir bulan Ramadhan, sendiri. tapi nyatanya, tahun ini pun impian itu masih harus mengambang, aku memilih pulang. memenuhi keinginan Ibu ;)
***

dari empat saudara kandung Ibu, yang paling jauh adalah Omku. ia tinggal di Bandung. selain momen-momen tertentu, kami hanya bertemu dengan sekat handphone. Lebaran kali ini, kami bertemu pada H+2. kepulangan Omku, selalu membawa kesan seperti ini: ceria, bahagia dan terasa ringan. tidak ada lagi yang berbeda, kecuali bahwa tahun ini, ia kelelahan karena kendaraan pribadi menjadi lebih banyak tersebar di jalan.
***

pada H+3, Ibuku sekeluarga dan Omku sekeluarga, berangkat. kemana? pertama ke Jogja, kemudian ke Magelang dan menginap disana. esoknya, mampir ke beberapa rumah di Banjarnegara, lalu Banyumas, dengan garis finish di rumahku, Kemranjen tercinta.

kami serombongan, tidak ada yang paham peta Jogja. maka, muter-muterlah kami disana, tetap nyasar meski sudah merepotkan banyak orang, hanya untuk menemukan Jalan Malioboro. hahaha. sampai disana, hujan turun, parkiran penuh. jadilah kami hanya menikmati Malioboro dari balik kaca mobil.

karena macet dan hujan deras, kami sampai di Magelang ketika petang. untuk kedua kalinya kami nyasar. karena memang, sudah lama kami tidak kesana, kerumah Bude. ditambah, malam yang sudah mulai turun. biasanya, putra sulungnya yang rajin menjemput di suatu titik. tapi kali ini, ia baru saja sampai kembali di Jakarta. aku menghubunginya, Omku menghubungi ayahnya. riweuh dah. ketika akhirnya kami sampai dirumahnya, ternyata putra bungsunya justru sedang menjemput kami di alun-alun. walah, slisiban.

perjalanan yang melelahkan, sepadan dengan sambutan dan hidangan yang kami terima. Bude dan keluarga terlihat sangat senang. yang lebih menyegarkan, ditengahtengah berlimpah daging, Bude menyuguhkan pecel dan buah anggur. yeah! meski anggur tak sefavorit apel, tapi ia tetap kusenangi karena tak mampu kubeli sendiri. hehehe.
***

lalu apa kesimpulannya?
selain untuk melepas rindu, barangkali kepulangan bisa menjadi 'charger' bagi semangat di diri. terutama bagiku, untuk menggeluti kembali sesuatu yang telah lama kutinggal. yihaa!
juga seperti kini, banyak cerita yang sedang kami kenang selama berkumpul bersama kerabat.

akhirnya, sebuah kepulangan, tidak hanya sekedar bertemu kembali secara fisik. tapi juga, bertemu dengan bagian-bagian yang membentuk diri kita menjadi seperti sekarang.
 




menurutmu, apa yang menarik dari sebuah kepulangan, kawan?


selamat merayakan hari lebaran, bagi yang merayakan.
saya mohon maaf...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

amongmyvacations mengatakan...

yang menarik dari kepulangan adalah bertemu orang tua dan bernostalgia pada kisah2 masa lalu :D

Rizky mengatakan...

kalau nggak ngapa2in ya aku pulang han

haniemaria mengatakan...

@ Among: nostalgia, apalagi mengenang kisah masa lalu memang selalu menarik :D
meski tidak semuanya menyenangkan. hoho.

tapi aku sepakat pada jawaban, bertemu orang tua.

Posting Komentar

komennya yah